Latest News

Selasa, 03 Desember 2019

Tipe Panggung yang Cocok untuk Festival

Mau Festival Musik Anda Sukses? Yuk, Kenali Tipe Panggung yang Cocok!

Apakah Anda berencana mengadakan event besar dalam jangka waktu dekat? Tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Tak hanya susunan acara saja, Anda juga harus memperhatikan semua peralatan dan perlengkapan event termasuk memilih panggung festival terbaik. Tata panggung yang bagus bisa memberikan kesan maksimal pada penonton yang datang melihat nanti. Pastikan bahwa kualitas panggung tidak diragukan saat para artis menunjukkan performa ya!

7 model panggung yang cocok untuk acara festival musik

Buat Anda yang masih bingung menentukan jenis panggung yang cocok untuk acara festival musik, 7 rekomendasi model panggung ini bisa Anda jadikan referensi.

  1. Panggung Rigging

Festival musik besar kerap diadakan di luar ruangan sehingga Anda bisa memilih model sewa panggung rigging yang terbuat dari rangka besi tebal. Ukuran panggung mencapai 8 x 6 meter sehingga cocok digunakan untuk berbagai acara skala besar. Rangka yang kokoh dan tebal menjadi kelebihan tipe panggung  festival satu ini.
Anda bisa menghubungi penyedia jasa properti event yang akan membangun panggung rigging meliputi rangka lighting, LCD display, LED, poster dan seamless. Sedangkan bagian atap menggunakan tenda warna gelap dengan bentuk segitiga. Kalau untuk urusan dekorasi yang tepat, Anda bisa memilih konsep sesuai dengan tema acara.

  1. Panggung Semi Rigging

Sebenarnya tipe panggung semi rigging memiliki kesamaan dengan panggung rigging. Hanya saja panggung rigging memiliki kemewahan yang lebih ditonjolkan dibandingkan semi rigging yang berbentuk lebih minimalis. Jenis sewa panggung jakarta selatan ini memang tidak terlalu tinggi tetapi cocok untuk Anda yang mencari panggung konser dengan dana terbatas. Toh, penampilan para artis akan tampak elegan tak kalah dengan panggung rigging, kok.

  1. Panggung Terbuka

Panggung festival musik atau pertunjukan tari yang bisa Anda pilih adalah panggung terbuka. Model panggung ini berada di tengah para penonton sehingga bisa diletakkan di mana saja. Mau mengadakan acara di dalam atau luar ruangan, kenapa tidak? Sebagai referensi panggung terbuka adalah panggung pertujukan Sendratari Ramayana yang populer di Candi Prambanan.

  1. Panggung Pigura

Jenis panggung yang cocok untuk acara Anda adalah panggung pigura. Awal penggunaan panggung ini memang terbatas untuk sendratari saja tetapi banyak digunakan untuk acara live music dewasa ini. Penonton dengan panggung dibatasi oleh tirai sehingga tirai bisa ditutup kalau ada pergantian set panggung. Properti pertunjukan tetap tidak bisa dilihat para penonton sehingga penyelenggara acara bisa lebih mudah melakukan pengaturan panggung secara maksimal.

  1. Auditorium 360

Desain auditorium 360 terbagi dalam dua model yaitu segiempat dan lingkaran. Baik model segiempat dan lingkaran memiliki konsep sama yaitu kursi penonton yang dibuat bertingkat akan mengelilingi panggung utama. Model panggung ini cocok untuk acara musik atau band yang bisa membuat penonton terpukau.

  1. Auditorium Penggelindingan

Sejak jaman Yunani kuno, model auditorium penggelindingan banyak digunakan untuk berbagai acara pentas seni. Kini, model panggung pertunjukan tak lagi digunakan untuk menyelenggarakan acara teater seni saja tetapi konser musik pun. Model auditorium penggelindingan terbagi dalam dua model yaitu 180 dan 90. Meskipun memiliki bentuk yang sama, ukuran dan luas panggung berbeda antara 180 dan 90.
Untuk acara level biasa atau membutuhkan daya tampung penonton sedikit, sebaiknya Anda memilih auditorium penggelindingan 180 saja. Sedangkan Anda yang mencari panggung festival musik dengan daya tampung penonton lebih besar, model 90 yang berbentuk kipas yang terbuka lebar sangat direkomendasikan. Kelebihan panggung 90 akan membuat penontong bisa menikmati sajian acara tanpa gangguan visual.

  1. Panggung arena

Panggung arena merupakan jenis panggung yang cocok untuk acara musik dengan konsep yang simpel. Buat Anda yang mencari panggung festival musik di luar ruangan, tipe panggung arena sangat disarankan. Pertunjukan musik akan terlihat lebih elegan sebab berada di tengah penonton yang datang. Konsep konser musik yang diadakan akan memiliki interaksi dekat dengan penonton. Kekurangan dari penggunaan panggung arena adalah penonton bisa melihat kalau ada set properti yang mengalami kerusakan di atas panggung.
Dari 7 model panggung di atas, mana yang bakal Anda gunakan untuk acara musik? Panggung festival yang megah dan keren tentu akan memberikan nilai estetika tersendiri. Anda bisa puas dengan hasil set panggung acara yang bakal digelar. Namun, pastikan Anda memilih jasa EO terbaik yang siap mendesain dan membantu menyelenggarakan acara Anda dengan sempurna.

Tips sukses menyelenggarakan acara

Mungkin Anda sudah memiliki ide atau detail penyelenggaraan acara yang bakal digelar. Jika Anda masih ragu menggunakan jasa EO, bisa mempraktikkan tips perencanaan dan mematangkan kerja tim penyelenggara berikut ini.

  1. Menentukan tema dan konsep acara

Langkah pertama agar acara Anda bisa berjalan sukses adalah menentukan tema dan menyusun konsep acara. Semakin menarik konsep yang Anda buat, semakin besar peluang para penonton terkesan dengan acara Anda. Lakukan rapat bersama tim untuk mengemukakan ide masing-masing sebelum akhirnya mencapai kesepakatan berdasarkan voting.

  1. Membagi tugas seluruh tim dengan baik

Panggung festival yang sudah Anda persiapkan tidak akan bisa memaksimalkan pertunjukan musik jika tim penyelanggara tidak solid. Pastikan Anda membagi panitia acara dalam beberapa divisi dengan daftar pekerjaan yang jelas. Anda wajib membagi tugas dan tanggung jawab setiap divisi sesuai dengan minat atau keahlian yang mereka miliki.

  1. Membuat anggaran acara

Langkah selanjutnya agar acara yang Anda susun bisa berjalan sesuai rencana adalah membuat susunan anggaran. Buat daftar prioritas mengenai dana yang Anda butuhkan mulai biaya operasional, penyewaan peralatan dan perlengkapan termasuk panggung festival, jasa artis atau pengisi acara dan lain-lain. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat khusus sebagai antisipasi kejadian tidak diinginkan.

  1. Membuat rundown acara

Agar Anda tidak kelabakan jelang hari H, sebaiknya susun rundown jauh-jauh hari. Setidaknya Anda dan tim mengetahui betul alur acara yang diselenggarakan. Rundown juga dibutuhkan oleh pembawa acara beserta para artis yang mengisi kemeriahan pertunjukan tersebut.

  1. Atur timeline dengan baik

Pastikan bahwa Anda memiliki susunan timeline dengan baik. Setidaknya timeline membantu Anda mengetahui segala persiapan yang sudah dilakukan. Pemberian deadline tugas pada divisi bertujuan untuk memberikan tekanan dan tanggung jawab agar mereka menyelesaikan tugas tepat waktu.
Panitia acara baik konser musik, teater, sendratari dan lain-lain wajib memiliki sistem plan A dan plan B. Jika salah satu rencana kegiatan tidak berjalan dengan lancar, Anda memiliki rencana B yang siap mensukseskan acara. Nah, persiapan yang matang akan membantu cAnda menyelenggarakan acara yang meriah. Jika mengalami kesulitan, ada baiknya Anda menggunakan jasa EO yang telah berpengalaman. EO akan membantu Anda menyusun semua penyelenggaraan acara termasuk set properti keren. sewa panggung tangerang festival musik yang megah dengan konsep acara sesuai keinginan, kenapa tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Post